Objek Basis Data

Secara umum, basis data merupakan sekumpulan data yang saling berhubungan yang bersifat terorganisasi dan terstruktur. Basis data dapat berupa penyimpanan berukuran besar yang dapat digunakan secara bersamaan oleh banyak pengguna untuk menyimpan, mengakses, memanipulasi dan memperbaharui data.Basis data terdiri dari berbagai objek yang memiliki tugas dan tujuan yang berbeda-beda. Pada umumnya, jenis objek basis data terbagi menjadi sebagai berikut.

1. Table
Tabel berfungsi untuk menyimpan data dalam bentuk baris pada satu kolom atau lebih.

2. View
View adalah tabel virtual yang dibuat berdasarkan perintah SELECT dari suatu tabel atau view lainnya. View dapat digunakan untuk mengubah jumlah dan urutan kolom, memanggil fungsi, dan memanipulasi data. Hasil yang diperoleh dari tabel virtual dalam view tidak disimpan tapi komputer akan menjalankan perintah yang telah ditentukan setiap kali view dipanggil. Dengan kata lain, view menyimpan perintah (SQL statement) sehingga hasil yang ditampilkan selalu bergantung kepada data yang terdapat pada tabel yang terkait.

3. Stored Procedure
Stored procedure merupakan kode prosedural yang dapat dipanggil untuk mengeksekusi fungsi kompleks dalam basis data. Kode ditulis menggunakan kode SQL yang bertujuan agar kode tersebut dapat digunakan berulang-ulang. Dengan demikian kode SQL yang sama tidak perlu ditulis berkali-kali.

4. Function
Function memiliki kegunaan yang hampir sama dengan stored procedure, namun perbedaannya adalah bahwa function mengembalikan nilai sedangkan stored procedure tidak mengembalikan nilai.

5. Trigger
Trigger merupakan kode prosedural yang dipanggil saat terjadi modifikasi pada tabel. Trigger memungkinkan dieksekusinya sebuah aksi atau statement secara otomatis saat terjadi perubahaan pada basis data. Statement yang akan dieksekusi tersebut dapat digunakan untuk mencatat setiap perubahan yang terjadi. Perubahan yang dimaksud dapat berupa insert, delete, update, dan login ke dalam basis data. Trigger juga dapat digunakan untuk mengetahui pengguna yang melakukan modifikasi itu sendiri.

6. Index
Index merupakan mekanisme yang bertujuan untuk menyediakan pencarian data secara cepat. Indeks merupakan objek yang rumit yang pengaturannya sangat mempengaruhi performa basis data. Cara kerja indeks pada basis data hampir sama seperti indeks pada buku. Indeks menyediakan petunjuk ke data item yang menyimpan nilai tertentu.

Sumber:
A. Silberschatz, H. F. Korth and S. Sudarshan, Database System Concepts, Sixth Edition, New York: McGraw-Hill Companies, Inc., 2011. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Audit Basis Data

Membaca SQL Server Transaction Log